Sabtu, 24 September 2011

unit kegiatan belajar



Mengungkapkan Informasi dalam bentuk Laporan, Surat Dinas, dan Petunjuk
Tema   : Pemerintahan
A.    Kompetensi Dasar, Indikator, dan Tujuan Pembelajaran

Kompetensi dasar yang diharapkan adalah menulis laporan dengan bahasa yang baik dan benar. Indikatornya adalah sebagai berikut:
·         Mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, dan tema.
·         Mampu mengembangkan kerangka laporan kedalam beberapa paragraf.
·         Mampu menyusun laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Tujuan pembelajaran yang diharapkan yaitu:
·         Siswa mampu menyusun kerangka laporan berdasarkan urutan ruang, waktu, dan tema.
·         Siswa mampu mengembangkan kerangka laporan kedalam beberapa paragraf.
·         Siswa mampu menyusun laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.

Pengantar

Suatu peristiwa atau kejadian dapat dijadikan acuan dalam penulisan sebuah laporan. Kita akan dapat menulis sebuah laporan dengan baik sesuai urutan kejadian, apabila kita ikut terlibat langsung didalamnya. Untuk mempermudah dalam penyusunan sebuah laporan, maka dibuat kerangka laporan terlebih dahulu. Untu membiasakan diri dalam menulis laporan, kita bisa menulis diary yang berisi tentang kejadian sehari-hari.

B.     Penjabaran Materi

Menurut Maryati (2006:18), laporan dapat berisi hasil wawancara, pengamatan, penyelenggaraan kegiatan, dan sebagainya.
Sebelum menulis laporan, data-data yang dibutuhkan terlebih dahulu dikumpulkan. Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan dalam kegiatan observasi yaitu:
a)      Membuat catatan mengenai data apa saja yang kalian perlukan untuk membuat laporan. Sesuai dengan tujuan  (latar belakang) laporan yang harus kalian buat.
b)      Mendatangi lokasi observasi untuk melihat pengamatan langsung.
c)      Mencari data yang diperlukan dengan mewawancarai narasumber atau mengabadikan data dan gambar dengan menggunakan kamera atau video untuk bukti laporan.
d)     Mencatat data-data yang diperoleh dari lokasi observasi yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah laporan.
Penulisan sebuah laporan dapat dikembangkan dengan rumus 5W + 1H, dengan memunculkan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:
1)      Apa yang dilaporkan? (What)
2)      Dimana kegiatan itu terjadi atau dilaksanakan? (where)
3)      Siapa yang terlibat dalam kegiatan itu? (Who)
4)      Kapan peristiwa yang dilaporkan itu terjadi? (When)
5)      Mengapa kalian membuat laporan itu? (Why)
6)      Bagaimana kegiatan yang dilaporkan itu terjadi? (How)

Kerangka laporan
Judul laporan
I.                   PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
B.     Tempat, waktu, dan peserta
II.                HASIL OBSERVASI
A.    Tujuan kegiatan
B.     Laporan judul kegiatan
III.             KESIMPULAN

C.    Kegiatan Belajar Awal

Laporan merupakan sesuatu yang dilaporkan. Penulisan sebuah laporan dapat menggunakan model atau bentuk tulisan naratif (cerita), deskriptif (penggambaran), dan ekspositif (penguraian). Laporan dapat disampaikan dalam bentuk tulisan tertulis maupun lisan. Laporan akan lebih baik disampaikan dalam bentuk eksposisi secara induktif, yang memaparkan fakta secara objektif (Wirajaya, 2008: 19-20).
Teks berikut merupakan salah satu contoh bentuk laporan yang dimuat dalam surat kabar.

1.      Membaca contoh laporan
2.      Memahami isi laporan
Setelah Anda membaca laporan di atas, jawablah pertanyaan dibawah ini untuk mengetahui kemampuan Anda!
1)      Apa persoalan yang disampaikan dalam contoh teks diatas?
2)      Bagaimana menurut pendapat Anda tentang permasalahan diatas?
3)      Ngkapkan kembali dengan menggunakan bahasamu sendiri contoh teks laporan diatas!

D.    Kegiatan Belajar Inti

1.      Membaca contoh teks laporan

2.      Memahami laporan
Berdasarkan contoh laporan di atas, Anda dapat menguji kemampuan pemahaman laporan Anda dengan menjawab pertanyaan berikut!
1)      Apa yang disampaikan dalam laporan diatas?
2)      Siapa saja yang terlibat dalam persoalan diatas?
3)      Kapan peristiwa itu terjadi?
4)      Mengapa peristiwa itu dapat terjadi?
5)      Dimana tempat kejadian dalam persoalan diatas?
6)      Bagaimana runtutan persoalan diatas?

3.      Memamhami Istilah
Carilah dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia istilah-istilah pemerintahan berikut!
a)      Oposisi                  :
b)      Peralihan               :
c)      Opsi                       :
d)     Warga sipil            :
e)      Baku tembak         :
f)       Rezim                    :

E.     Kegiatan Belajar Lanjutan
Setelah memahami contoh teks laporan, tugas Anda adalah secara kelompok berdiskusi tentang kerangka laporan kemudian mengembangkan kerangka tersebut menjadi laporan yang terdiri dari beberapa paragraf!
Anda dapat mengambil peristiwa yang Anda alami, kemudian analisislah laporan yang Anda buat berdasarkan unsur-unsur laporan. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar!



F.     Refleksi

Berdasarkan penjabaran pada kegiatan awal, inti, dan lanjutan di atas, lakukan perintah di bawah ini!
1)      Buatlah kelompok dan lakukan pengamatan terhadap suatu peristiwa!
2)      Buatlah kerangka laporan berdasarkan peristiwa yang kalian amati!
3)      Kembangkan kerangka laporan tersebut kedalam beberapa paragraf laporan!

G.    Glosarium
Wawancara          : tanya jawab antara wartawan dengan orang terkemuka dan   sebagainya.
Data                     : keterangan, bahan-bahan, pendapatan.
Observasi             : pengamatan, peninjauan secara cermat.

Daftar Pustaka

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Idonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Maryati. 2006. Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMP/ MTs Kelas VIII. Semarang: Aneka Ilmu.
Wahyu,  Dwi Herawat, dkk. 2008. Bahasa Indonesia SMP dan MTs kelas VII. Jakarta: PT Piranti Darma Kolakatama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar